BANGKITNYA PMI CABANG GIANYAR

Palang Merah Cabang Gianyar yang berdiri Pada tanggal 18 November 1963. Dimana saat itu Pengurus Besar Harian Palang Merah Indonesia mengesahkan sementara berdirinya Palang Merah Indonesia di Gianyar.
Dimana saat itu PMI cabang Gianyar diketuai oleh Dr. SL Leimena, kemudian tanggal 5 Juni 1964 dikeluarkan Surat Pengesahan Tetap Calon Cabang Gianyar menjadi PMI Cabang Gianyar secara resmi oleh PMI Pusat. Tetapi setelah lama eksis, dan memiliki dedikasi yang cukup tinggi, bahkan pernah menjadi urutan terdepan keaktifan PMI cabang Gianyar sempat merosot prestasinya baik dikepengurusan,relawan maupun kegiatan-kegiatan lapangannya, ini dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi misalnya Variasi motif kegiatan, mutu baik sarana prasarana serta keanggotaan, ketersediaan waktu untuk tetap bekerja sama di Kepalang Merahan dan Tingkat kesertaan pengurus yang kian lama kian melemah. Tetapi ditahun ini PMI cabang Gianyar perlahan akan meninggalkan masa keterpurukannya dan sedang berusaha bangkit lagi mengembalikan semangat yang dulu sempat tertinggal. Berbagai kegiatan akan dan sedang dilaksanakan saat ini terutama mengumpulkan kembali para relawan yang sempat menghilang dari Kepalang Merahan. Sebenarnya kami sebagai relawan bukan lari atau pergi. Selama ini keinginan dan semangat kami tetap di PMI tetapi semangat dari kami sebagai relawan saja tidak cukup jika tidak didukung oleh semua pihak yang terkait. Sebuah organisasi yang dibentuk lama dan berdasar pengalaman yang panjang seharusnya memiliki motivasi yang kuat pula untuk tetap menjaga keutuhan organisasi. Inilah yang akan dijalankan oleh para anggota PMI cabang Gianyar yang saat ini diketuai oleh ----------. Relawan PMI cabang Gianyar akan memulai aksinya, meskipun waktu tidak sepenuhnya dapat diberikan pada rencana-rencana kegiatan yang sudah ada. Para Relawan yang memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda ini tetap akan berusaha membantu perkembangan PMI cabang Gianyar. Disela-sela waktu yang tersisa dari kesibukan sehari-hari Anggota yang tergabung dalam Kelompok Volunteer ini tetap menjadikan PMI sebagai kegiatan yang sewaktu-waktu akan menjadi prioritas utama dari kegiatan lainnya.
Apalagi disaat keadaan bangsa seperti sekarang, “Otonomi Daerah” yang sering disebut- sebut sekarang telah menjadi ancaman sekaligus membawa berkah/ peluang dan masalah/ tantangan dan bila dikaitkan dengan Maju atau tidaknya Kepalang Merahan tentu sangat besar pengaruhnya.Semakin maju dan baik penanganan di daerah terutama perbaikan kerancuan visi, misi dan positioning PMI di kalangan Pemda, DPRD dan instalasi lain maka untuk menjadikan Kepalang Merahan maju tentunya akan jauh lebih mudah. Pemerintah saat ini harusnya lebih jeli dan tanggap terhadap masalah-masalah yang dianggap enteng selama ini baik dikepemerintahan, masyarakat ataupun sebuah organisasi misalnya PMI sendiri, karena berawal dari masalah kecil yang terlalu sering diabaikan dan diremehkan nantinya akan berdampak sangat besar terhadap kinerja dan kelangsungan sebuah kegiatan baik di kepemerintahan ataupun organisasi tertentu. Dalam hal ini tentunya maju dan berkembangnya PMI cabang Gianyar tergantung dari bagamaina Pemerintah dapat memposisikan kedudukan PMI sebagai wadah sosial sesuai dengan tempatnya. Sesungguhnya PMI sendiri merupakan lembaga yang bersifat netral Dimana PMI memiliki hubungan yang baik dengan Pemda baik Kabupaten maupun Povinsi. Kita tahu sebuah organisasi yang diakui oleh dunia contohnya PMI sendiri merupakan salah satu wadah yang mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat umum, tentunya dari sinilah kita memulai suatu perkembangan baru yang pastinya masyarakat pun akan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan positif yang dicanangkan oleh PMI khususnya PMI cabang Gianyar yang nantinya bertujuan untuk kemajuan bersama. Semangat dan kerja keras dari berbagai pihak baik pengurus maupun relawan/volunteer cabang Gianyar akan menjadi pondasi untuk kemajuan PMI cabang Gianyar selanjutnya. Kita tahu dan perlu mewaspadai akan adanya banyak masalah dan rintangan dalam pencapaian sebuah tujuan dan ini juga merupakan sebuah tantangan bagi kita PMI cabang Gianyar baik dari dipantau segi fisik maupun psikologis, adanya masalah intern ataupun ekstern serta kesenjangan-kesenjangan lain yang tentu semua ini tidak kita harapkan terjadi. Untuk itu perlulah sebuah kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua pihak yang ada didalamnya sebagai satu kesatuan yang utuh dan tentunya harus saling mengingatkan dan saling menjaga dalam menjalankan semua rencana yang telah disusun untuk terpenuhinya apa yang ingin dicapai bersama. Sehingga dengan demikian segala upaya tidak akan sia-sia dan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang positif pengaruhnya baik bagi kita sebagai pelaksana dan yang paling utama untuk masyarakat yang menjadi penyorot terdepan dalam segala kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk itulah kita saat ini akan bekerjasama langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan misi yang ada.



Tidak ada komentar: