PERKEMBANGAN PALANG MERAH INDONESIA DI BALI

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Seiring dengan berjalannya waktu PMI sebagai sebuah organisasi juga mengalami perubahan – perubahan, apalagi saat ini PMI dihadapkan pada sikap masyarakat yang semakin kritis
dalam menuntut Transparansi dan profesionalisme dibidang pengelolaan manajemen serta pelayanan dari PMI.
Bagaimana dengan PMI di Bali ? PMI yang ada di Bali mungkin salah satu dari sekian banyak organisasi PMI di Indonesia yang sangat pesat mengalami perubahan baik dalam bidang manajemen maupun pelayanan kepada masyarakat. Pasca bencana yang banyak melanda negeri ini khususnya Bali yang banyak mengalami teror bom, PMI di Bali banyak mendapat sorotan baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga PMI Bali diberikan bantuan oleh beberapa pihak “baik luar maupun dalam negeri” untuk membantu pengembangan organisasi PMI yang ada di Bali.
Perkembangan PMI di Bali juga tidak terlepas dari kesadaran, komitmen serta peran aktif dari komponen yang ada dalam tubuh PMI Bali, sehingga perkembangan, pelayanan dan kegiatan PMI Bali dapat berjalan dengan sangat baik. Namun perkembangan PMI Bali masih perlu mendapat banyak kajian mengingat bantuan dari beberapa pihak tidak akan berlangsung terus menerus. Sebagai contoh PPTI sebagai organisasi pemberantasan Tuberkulosis Indonesia, dulu banyak mendapatkan bantuan dari pihak asing sehingga kegiatan dari PPTI bisa berjalan baik, tapi setelah bantuan dari pihak asing itu berkurang demikian juga kegiatan dari PPTI juga ikut berkurang.
Untuk itu agar perkembangan PMI Bali tetap dapat berjalan baik perlu berbagai upaya dilakukan seperti mengoptimalkan perhatian Pemerintah Daerah kepada PMI karena dalam era otonomi daerah seperti saat ini Pemerintah Daerah sebagai penguasa di daerah sangat berpengaruh terhadap perkembangan PMI di daerah. Sebagai contoh PMI Cabang Gianyar yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah di daerahnya mengalami penurunan performa, serta PMI Bangli yang banyak mendapat perhatian dari Pemerintah Daerahnya mengalami kemajuan yang sangat pesat.
Akan tetapi dilain pihak PMI sebagai sebuah organisasi Internasional yang independent juga dituntut kemandiriannya, bagaimana PMI bisa mengembangkan organisasinya tanpa bantuan dari pihak lain. Seperti yang terkandung dalam 7 Prinsip Palang Merah “ Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan.



Tidak ada komentar: